Pemberian Vaksinasi Untuk Ayam Bangkok Aduan

Bandar Sabung AyamPemberian vaksinasi untuk ayam bangkok aduan. Dalam berternak ayam baik ayam aduan, ayam hias, maupun ayam kampung lainnya. Pernahkah anda mengalami ayamnya habis semua karena virus?? Tentu hal itu tidak ingin terjadi dan harus dihindari.

Pemberian Vaksinasi Untuk Ayam Bangkok Aduan

Pemberian Vaksinasi Untuk Ayam Bangkok Aduan

Vaksinasi yang diberikan untuk mencegah adanya virus yang akan menyerang hewan ternak seperti ayam. Secara umum vaksin ini terbagi menjadi 2 yaitu vaksin hidup dan juga vaksin mati.

Adapun penjelasan dari kedua vaksin ini adalah :

  • Vaksin Hidup – Melakukan dengan cara meneteskan obat kemata dan diminum.
  • Vaksin Mati – Dilakukan menggunakan suntik maupun diinjeksi. Jenis vaksin yang dapat digunakan adalah Vaksin AL, Gumboro, ND, cacar, IB, Mareks.

Agen Sabung Ayam – Adapun vaksin yang diberikan adlaah untuk mencegah beberapa penyakit yang berbahaya seperti virus Kolera dan Coryza. Bila menggunakan pengobatan dengan menggunakan vaksin harus sesuai dengan jadwal dan jenis vaksin.

Pemberian Vaksinasi Untuk Ayam Bangkok Aduan

Berikut ini adalah jadwal, cara dan jenis vaksin :
NO  Umur  Vaksin
 1. 3 atau 4 hari ND/IB Tetes Mata
 2. 11 hari Gumboro Pertama Minum 2 Dosis
 3. 18 Hari ND/IB Minum 2 Dosis
 4. 24 Hari Gumboro Kedua Minum 2 Dosis
 5. 35 Hari AI H5 – N9 Suntik 1 Dosis
 6. 39 Hari ND / IB Minum 2 Dosis

Saat membeli vaksin ND/IB wajib diperhatikan kondisinya. Jika penjualnya memberikan vaksin dengan satu kantong es maka anda dapat membelinya. Namun bila tanpa es maka wajib anda minta dan suhu untuk vaksin adalah 2-4 derajat. Setelah membeli harus segera membawa pulang dan disimpan dalam kulkas tapi bukan dibagian pembekuan ya.

Baca Juga : Kemalingan Ayam 11 Ekor Dalam 3 Hari Oleh Seorang ABG

Bandar Judi Ayam – Vaksin yang baik adalah vaksin yang tidak mengenai secara langsung sinar matahari dan tidak terkena bahan kimia. Hal itu dapat memberikan kualitas yang kurang bagus. Dalam memberikan vaksin wajib disesuaikan dengan umur dan kondisi kesehatan pada ayam. Vaksinasinya juga harus steril dan lingkungan juga harus stabil.

Langkah selanjutnya adalah beli vitastress dan diberikan pada ayam sesaat setelah divaksin. Tujuannya adalah agar kondisi fisik ayam tetap kuat dan tidak mudah stress, mempercepat pemulihan kesehatan ayam serta mencegah kekurangan vitamin.

Adapun cara penggunaan Vaksinasi melalui tetes mata :

vaksinasi ini dalam dilakukan melalui mata, hidung, maupun melalui mulut. Biasa hal ini dilakukan pada anak ayam usia 7 hari. Tujuan dari pemberian vaksin ini adalah menetralkan vaksin pada anak ayam yang diberikan dari indukannya. Cara ini cukup akurat dan sangat efektif untuk anak ayam agar mendapatkan double dosis. Jadi cukup campurkan dengan air minum. Pemberian vaksin ini harus dipuasakan dahulu selama 1 atau 2 jam barulah diberikan pada ayamnya. Air minum juga tidak dianjurkan menggunakan air yang mengandung kaporit.

Pemberian Vaksinasi untuk ayam bangkok aduan dengan menggunakan suntik

Sabung Ayam online – Untuk pemberian vaksin menggunakan suntik harus dilakukan oleh yang sudah pengalaman. Tempat yang harus disuntik adalah dibagian bawah kulit dibagian leher. Untuk melakukan pada bagian otot adalah dapat dilakukan di otot dada dan juga otot paha.

Alat suntik harus steril dan bersih. Bila pengalaman dalam menyuntik sebaiknya disterilkan kembali dengan direndamkan air panas. Selanjutnya adalah mengkocokan dahulu obat vaksinnya hingga benar-benar merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *