Menetaskan Telur Ayam Hias Melalui Ayam Betina Yang Lain Secara Alami

Ayam Hias

DSC00664Agen Sabung Ayam S128 – Ayam Hias biasanya diperlihara bagi yang hobi memelihara atau mengkoleksinya. Tetapi untuk menternak ayam hias biasanya sedikit agak sulit karena faktor tubuh ayam betina yang lebih kecil dari ukuran ayam betina umumnya. Tetapi kini ada cara untuk menetaskan telur ayam hias melalui ayam betina yang lain secara alami.

Disini kami akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menetaskan telur Ayam Hias secara alami tanpa bantuan dari mesin penetas. Ada juga yang memiliki alat penetas telur harus memiliki pengalaman dalam proses penetasan dan juga suhu-kelembaban pada suatu tempat atau daerah.

Sebenarnya menetaskan telur secara alamia dan otomatis sudah di atur oleh yang Maha Kuasa. Akan tetapi banyak peternak yang lebih menggunakan alat penetas agar si ayam betina dapat bertelur lebih cepat dari yang biasanya.

Untuk Ayam Hias yang bertubuh kecil biasanya mengeram telurnya 30% akan gagal dan 70% akan membuahkan hasil. Untuk mempermudahkan mengeram telur ayam hias secara alami, biasanya kita akan menggunakan ayam betina lain yang juga sedang mengeram seperti ayam kampung yang badannya lebih besar dari ayam hias.

Biasanya ayam kampung akan mengerami telurnya jika sudah memiliki 10-13 telur, pada saat itu lah kita akan menitipkan telurnya dengan menggantikan telur ayam kampung dengan telur ayam hias secara perlahan-lahan. Sebaiknya kita tukarkan telurnya ketika pada malam hari agar ayam betina yang sedang mengeram tidak stress karena pergantian telur ayamnya.

Biasanya untuk mengerami telur ayam hias hanya membutuhkan waktu 18-20 hari saja lebih cepat dari telur ayam kampung yang membutuhkan waktu 21 hari. Jadi kita harus selalu memperhatikan telur ayam hias yang sedang di erami oleh ayam betina lain. Jika sudah sudah menetas maka sesegera mungkin kita pindahkan ke box atau kardus agar anak ayam yang baru menetas tidak terdengar suara suaranya oleh sang induk. Gunakan bohlam lampu dengan ukuran 35- 40 W untuk menghangatkan ayam yang baru menetas tersebut.

kandang-sementara-anak-kalkun-dengan-lampu

Untuk pengeraman telur dengan ayam betina yang sama secara berturut-turut sudah kami lakukan sebanyak 2 kali dengan pergantian telur yang sudah menetas dengan telur yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *